Thursday, 8 May 2014

Cara Mengatasi PC Sering Restart Sendiri



Assalamualaikum sobat semua...

Mungkin sekarang ini sudah jarang sekali orang yang menggunakan PC. Namun bukan berarti tak ada yang memakainya. Kita masih dapat menjumpainya di warnet-warnet atau di kantor-kantor. Nah, jika kebetulan Anda punya PC dan perangkat ini sering restart dengan sendirinya, pastinya ini cukup mengganggu.

Mau tahu cara mengatasinya? Mudah saja. Ada 7 hal yang harus Anda lakukan jika PC Anda sering Restart.
  1. Langkah yang pertama Anda harus membersihkan komponen – komponen komputer Anda. Komponen-komponen yang dimaksud adalah perangkat yang ada dalam CPU. Jangan takut untuk membuka CPU nya. Jika Anda berhati-hati dalam membersihkannya, maka tidak akan terjadi masalah apapun.
  2. Jika langkah pertama sudah Anda lakukan, tetapi komputer masih sering restart sendiri, maka selanjutnya adalah cek apakah komputer Anda bervirus atau tidak. Lakukan scan vitus dengan anti virus kesayangan Anda.
  3. Langkah selanjutnya adalah membersihkan dan memperbaiki bad sector pada hardisk. Terciptanya bad sector pada hardisk biasanya disebabkan karena komputer sering dimatikan tanpa mengunakan fitur turn off atau shutdown. Cara membersihkan bad sector tersebut adalah dengan mengunakan program scandisk/checkdisk dan men-defrag setiap partisi hardisk Anda. (cari artikel lain di mbah google tentang cara mengatasi hardisk bad sector).
  4. Bila ketiga langkah diatas sudah Anda lakukan, namun tidak ada perubahan pada sama sekali, maka Anda perlu cek power supply yang digunakan. Tidak ada jalan lain, selain Anda pinjam atau membeli power supply yang masih bagus.
  5. Langkah selanjutnya adalah cek VGA komputer Anda. VGA komputer juga dapat berpengaruh terhadap komputer yang sering restart sendiri. Tapi bila VGA yang Anda gunakan sudah langsung terhubung dengan mainbordnya, maka kemungkinan kerusakan VGA sangat kecil.
  6. Bila komputer Anda masih juga sering restart, langkah selanjutnya cek RAM dan suhu komputernya. Untuk suhu komputer, Anda bisa cek mengunakan program yang bernama speedFan. Anda bisa mencarinya digoogle. Jangan lupa untuk cek FAN (kipas pendingin) yang ada dalam CPU Anda (cek kipas berputar atau tidak).
  7. Yang terakhir adalah prosesor komputer. Biasanya bila prosesor pada komputer Anda terlalu panas, maka bisa menyebabkan komputer tersebut merestart sendiri. Cek pendingin prosesor komputer tersebut.
Dan jika semua cara diatas masih tidak mempan. saya kasih salah satu cara paling ampuh, yaitu Lembiru (Lempar Beli Baru) :D candaa mas broe...

Sekian tutorialnya, semoga bermanfaat :D
BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Dee Gazaa

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak