Saturday, 10 May 2014

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Instal Windows XP

Assalamualaikum Gan...!!

Saya rasa diantara kalian banyak yang bingung pada saat install laptop kalian dengan Windows XP atau versi Windows dibawahnya. Pada saat akan memulai instalasi muncul pesan error dengan layar biru atau yang sering disebut Blue Screen. Hal ini memang umum terjadi terutama pada laptop keluaran terbaru yang sudah dipaket dengan Windows Vista, 7, 8. 

Kenapa bisa begitu?

Rata-rata laptop sekarang ini sudah berupa paket bundling Windows Vista, 7, 8. Tentu ada alasannya, salah satunya karena Windows tersebut pada masternya sudah mendukung atau direkomendasikan teknologi AHCI, yaitu semacam teknologi yang berkaitan dengan hard disk kalian semua. Sementara Windows XP belum mendukung teknologi itu, dan apabila di-install menggunakan Windows XP entah versi berapapun, saat masuk di lembar deteksi Harddisk terjadi bluescreen. Sebenarnya masalahnya adalah Windows XP SP1/SP2 tidak mengenal AHCI, berarti kita harus membuat CD Instalasi Windows XP ini mengenal IDE/SATA agar bisa diistall Windows XP SP2.

Okey tanpa basa-basi lagi,, langsung aja kita ke TKP,,.. hehehe.

Caranya :
  • Masuk Ke system Bios, sewaktu mau booting tekan tombol F2 untuk laptop acer, asus , atau tombol lainya bagi merek lain, kalian pasti tau kok :D
  • Cari di bios sytem yang ada tulisanya SATA Controller
  • Ubah setingan Dari mode AHCI ke pilihan yang kedua yaitu IDE

  • Simpan setingan dengan menekan tombol F10
  • Selesai deh..
Sekarang sobat baru bisa install Windows XP tanpa ada pesan Blue Screen. Saya tidak atau apa cara ini bisa disemua leptop/pc tapi saya jamin bisa … yg penting coba dan coba heheheeeee..
BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Dee Gazaa

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

15 komentar:

  1. Gak bisa, jadinya looping boot win 7 yg eror

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekedar info . kalo agan make dua windows instal windows nya harus saamaan ngk boleh 1 bulan windows 7 1 bulan windows xp .

      Delete
  2. Kalau untuk performanya gimana mas ? jadi lambat apa tetap stabil ?

    ReplyDelete
  3. sama gan gak bisa, pake cara di atas.. booting gak mau jalan ada cara lain?

    ReplyDelete
  4. saya mencoba untuk laptop ideapad s20, tetep tidak bisa... dah pake windows xp patch sata juga tidak bisa, ada yang punya cara lain...

    ReplyDelete
  5. Keren gan makasih..by XII TKJ SMK PANCASILA PURWODADI JATENG

    ReplyDelete
  6. sekedar tambahan:
    ada beberapa jenis Notebook keluaran diatas tahun 2012 terutama yg berspec tinggi.. yg tidak tersedia pilihan AHCI atau IDE, caranya: disable AHCI itu sama juga artinya kita menonaktifkan AHCI sehingga menjadi IDE (meskipun tidak tertulis pilihan lain). Terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Gimana cara instal windows xp menggunakan flashdisk

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak