Sunday 30 March 2014

Cara Mengatasi Paper Jam Pada Printer Canon

Assalamualaikum Sobaatt...

Kali ini saya posting cara mengatasi printer yang mengalami paper jam atau kemacetan kertas (nyangkut kertas saat diprint). Biasanya saat printer mengalami paper jam, maka sesaat setelah kertas yang macet itu kita tarik, printer tidak bisa segera kita pergunakan, bahkan terkadang kita harus mereset PC atau laptop kita, tentu akan semakin banyak waktu yang terbuang.

Oke, silahkan ikuti salah satu cara dibawah ini :

Langkah pertama : 

  • Buka penutup printer, dan tariklah kertas yang tersangkut itu dengan cara pelan-pelan, jangan dipaksa karena bisa merusak printer.
  • Bila printer saat itu belum bisa dipergunakan, karena mengalami blinking setelah mengalami paper jam ini.

Langkah kedua :

  • Cabutlah kabel power printer untuk mereset printer. 
  • Pasang kembali kabel power printer dan cobalah untuk menggunakannya. Namu bila printer masih tetap tidak bisa dipergunakan, maka bisa dilanjutkan dengan langkah berikutnya.
Langkah ketiga : 

  • Cobalah buka Control Panel > Administrative tools > service (untuk Windows 7) atau Control Panel > Performance and Maintenace > Administrasi Tools > Services (untuk Windows XP). 
  • Buka service PRINT SPOILER, dan matikan prosesnya dengan klik “STOP”. 
  • Selanjutnya klik Start > Printer and Faxs, klik kanan > Refresh. Jalankan kembali service Print Spoiler yang kita stop tadi, dengan klik “START”. 
  • Printer sudah siap untuk dipergunakan kembali.
Sekian, semoga bermanfaat (ini pengalaman saya sendiri) dan berhasil diatasi masalah paper jam :D

BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Unknown

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

35 komentar:

  1. sore admin,
    paper jamnya itu karena rollernya kotor /bermasalah gimana perbaikinya?
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sore jg..
      printer merek apa,,,? krna beda printer, beda cara tanganinya :D

      Delete
  2. Om Admin,
    Printer Canon MX308 alarm "Paper Jammed. Clear paper jam & pres OK"
    Tidak ada kertas yg tersangkut. Sudah bolak balik saya reset. Tapi tetap muncul alarm "Paper Jammed"
    Mohon bantuannya
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bgt mas..
      saya cara diatas berdasarkan pengalaman saya..
      kalau printer jenis itu belum pernah cobak...

      Delete
    2. amateur ge balagu sia

      Delete
  3. wah info dan ilmu bagus ini gan.

    note: anonymous jangan gitu gan ini juga ilmu hargai dong beleum tentu semua orang tau caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan,,makasih kunjungannya,,,
      ya mgkin dia memang ahli bagian printer,,ya wajar dia ngomong gitu,,
      salam kompak selalu gan,,,,

      Delete
  4. semua saran y kamu bilang itu sudah aq lakukan, tapi tetap saja printer aq msih pda masalah awal paepr jammed, mnuruut kamu gmana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lempar beli baru aja gan

      Delete
    2. masalah awal dari paper jam sudah sesuai dengan artikel diatas. Jika semua sudah dilakukan, dan juga tidak ada barang asing yang nyangkut di dalam printer, biasanya karena gangguan di sensor motorik printer tersebut. Bisa karena kotor ataupun rusak. Yang harusnya dia berhenti ketika tidak ngeprint, malah kertas masuk sebagian baru berhenti.

      Delete
    3. Solusinya gimana ?
      Punya saya sperti itu. Gada kertas yg nyangkut tapi slalu ada kterangan kertas nyangkut
      Mhon solusinya

      Delete
  5. Printer saya Cannon MP 237 setiap mau ngeprint pasti ada alarm papper jammed tapi nggak ada kertas yang nyangkut kira2 gmana ya cara ngatasinya gan ? ,ohon sarannya donk

    ReplyDelete
  6. setelah di stop printer and faxsnya kog gak ada ya??? mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  7. udah dicoba saran dirimu coy,tapi printer masih saja paper jam...ada solusi lain..?

    ReplyDelete
  8. udah dicoba saran dirimu coy,tapi printer masih saja paper jam...ada solusi lain..?

    ReplyDelete
  9. tolong dong cara lainya....yang lebih jitu.

    ReplyDelete
  10. tolong dong cara lainya....yang lebih jitu.

    ReplyDelete
  11. Thanks gan solusinya. Printer saya awalnya paper jam (sudah hampir frustasi) bolak balik di maintenance tp masih macet. Ternyata cuman perlu di restart aja ya spoolernya. Saya lakukan persis langkah di atas, alhamdulillah tidak macet lagi. Btw knp ya bisa gitu? Saya berasumsi jangan2 perintah di printernya semacam numpuk (?), entahlah hehe

    ReplyDelete
  12. Thanks gan solusinya. Printer saya awalnya paper jam (sudah hampir frustasi) bolak balik di maintenance tp masih macet. Ternyata cuman perlu di restart aja ya spoolernya. Saya lakukan persis langkah di atas, alhamdulillah tidak macet lagi. Btw knp ya bisa gitu? Saya berasumsi jangan2 perintah di printernya semacam numpuk (?), entahlah hehe

    ReplyDelete
  13. gamau tetep aja paper is jammed , padahal ga ada kertas yang jangkut.

    ReplyDelete
  14. Ini kasuse sama dg ku, print g ada kertas yg nyangkut tp keluar tulisan paper jam sdh aku coba langkah diatas msh blm bisa, mohon bantuanya

    ReplyDelete
  15. Kak mau tnya, printer saya canon ip2770. Saya udh coba pake cara di atas tpi kok muncul tulisan "error code 006". itu gmna kak? Mohon dijawab, terimakasih.

    ReplyDelete
  16. sore, bantu dong. awalnya kertas nyangkut, perinter langsung saya matikan lalu saya buka cover dan saya tarik kertasnya, saya on kan lagi printernya dan mencoba untuk ngeprint lagi tapi tidak bisa, tetap paper jam saya klik tombol start, tetap paper jam terus

    ReplyDelete
  17. sore, bantu dong. awalnya kertas nyangkut, perinter langsung saya matikan lalu saya buka cover dan saya tarik kertasnya, saya on kan lagi printernya dan mencoba untuk ngeprint lagi tapi tidak bisa, tetap paper jam saya klik tombol start, tetap paper jam terus

    ReplyDelete
  18. kalau tidak mau menarik kertas masalah nya apa ya,, mohon solusi, apa harus ganti sensor kertas nya..???

    ReplyDelete
  19. sama gann anee juga teteppp paper jammed

    ReplyDelete
  20. cara mengatasi paper jammed di win 7 printer canon ip2770

    ReplyDelete
  21. terimskasih infonya sangattt sangat membantuuuuuuuu.. terkadang saya pernah kertas dipaksa keluar dan membuat printer rusak.. tapi setelah baca artikel ini jadi gak paper jam lg heheheh

    ReplyDelete
  22. Sangat amat membantu! Padahal tadinya hopeless udahan. Makasih

    ReplyDelete
  23. remove the jammed paper...pdhal gak ada kertas nyangkut...gmn nih?!!!

    ReplyDelete
  24. Paper jam terus, padahal ga ada kertas atau barang apapun yg nyangkut di printer. Giliran di reset malah muncul error code 006. Bagian plat bawahnya juga udah saya bersihin tapi tetep gamau nyetak, gimana caranya biar bisa nyetak iniiihhh??

    ReplyDelete
  25. Kalo untuk printer Canon mf3010 gmna ya

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak