Thursday, 2 January 2014

Cara Mengatasi Font Office Word Yang Tidak Terbaca di Komputer Lain

Assalamualaikum Syedara..!!

Bagi kamu yang masih pelajar atau mahasiswa tentu tidak asing lagi kan dengan pembuatan makalah atau proposal, pada saat kita membuat makalah/proposal pasti kita membuat covernya sebagus mungkin, ya agar terlihat cantik dan menarik (walaupun isi nya kacau :D), biasa membuat judul makalah dengan tulisan (font) yang keren dan unik. Mungkin hanya dilaptop kamu sendiri yang punya font keren tersebut (wuih keren), eps, jangan senang dulu, ujung-ujungnya repot juga loo...Saat kita mau ngeprint di rental/warnet, tulisan-tulisan tersebut akan berubah (wah, jadi berantakan donk file'a...) ya jelas laaahh...karena di komputer rental/warnet tidak terpasang Font/tulisan seperti punyamu itu lo..kira screnshoot tulisannya seperti ini :


Tapi sebenarnya hal itu semua bisa diatasi dengan sangat mudah dengan sedikit trik jitu :D, oke dari pada penasaran langsung saja ane keluarin jurus paling ampuh .. cekidooott :
  • Buka lembar kerja word kamu, Silahkan langsung saja klik tombol start Microsoft Word milikmu dan masuk pada pilihan “Word options“.
  • Setelah masuk pada jendela “Word options”, langsung saja kamu menuju menu “Save”. Pada bagian paling bawah dapat kamu lihat pilihan “Embed fonts in the file”, silahkan kamu centang pilihan tersebut untuk mengaktifkannya. hehehe Mudah bukan?
Selain mengaktifkan pengaturan “Embed fonts in the file”, disini saya juga mencentang pilihan “Do not embed common system font” yang berarti sebuah dokumen yang akan di save atau disimpan nantinya tidak akan ikut menyertakan font umum yang sudah ada pada sistem kedalam file tersebut apabila font itu sudah ada atau yang sudah menjadi font default pada Microsoft Word, contohnya seperti font Times New Roman, Arial dan sebagainya.

Dengan mengaktifkan pengaturan ini, kamu akan sekaligus menyimpan font yang kamu gunakan sewaktu membuat dokumen di Microsoft Word dan tentu saja manfaatnya adalah dokumen tersebut dapat dibuka pada komputer lain menggunakan Microsoft Word meskipun pada komputer tersebut tidak terinstall font yang kamu gunakan untuk membuat dokumen tadi.

Dan dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengalami sebuah kasus dimana dokumen kamu tidak dapat terbaca pada komputer lain dikarenakan si penulis menggunakan font yang tidak kamu miliki.

Sekian , semoga bermanfaat :D happy blogging...:D
BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Dee Gazaa

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

12 komentar:

  1. makasih banyak infonya, saya sangat terbantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 masbroe...
      mudah2an menjadi amal yang baik :D

      Delete
  2. Kalau untuk word 2003 bagaimana mas.....fiturnya dimana

    ReplyDelete
  3. Makasih. Ini lagi bikin presentasi pake font yang download-an. Tapi takut gak kebaca di laptop guru :"D

    ReplyDelete
  4. MAKASIH BANGET BANGETTTTT

    ReplyDelete
  5. kalau sudah terlanjur save dan gak terbaca di document aslinya pun gimana ya?
    waktu itu saya pakai Font SAPIcons, tapi saya ubah lagi tidak bisa..

    ReplyDelete
  6. ndan,kalau mengatsi tulisan angka di M.Word jadi arab semua gimana mas ndan? makasih ndan..

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak