Sunday 5 January 2014

Cara Membuat Form Contact Keren Blog

Assalamualaikum Syedara..!!

Seperti yang kita ketahui, blog merupakan sarana untuk berbagi informasi di dunia maya, mungkin ada sisi menarik dari blog anda yang membuat pengunjung ingin menerapkan diblognya sendiri, tentu dalam hal ini pengunjung ingin menghubungi anda langsung untuk menanyakannya. Untuk itu agar blog anda terlihat profesional, saya sarankan membuat suatu halaman Form Kontak yang akan memudahkan pengunjung untuk menghubungi dan bertanya kepada anda.

Untuk membuat halaman Form Kontak tersebut, ikuti langkah berikut ini :
  • Kunjungi situs https://www.emailmeform.com
  • klik sign up for free, isi formulirnya dengan username, password, email. kemudian klik create account :
  • Kemudian silahkan pilih bagian yang anda inginkan, sebagai contoh yang saya gunakan adalah :
    - Nama
    - Email
    - Website
    - Paragraph text
  • Setelah itu, klik tab Form setting untuk mengubah judul form yang anda bentuk sesuai dengan keinginan, jika sudah selesai mengubah / mengganti maka silahkan anda klik save form.
  • Dan anda akan menemukan bentuk kolom ber-code script seperti di bawah ini, dan silahkan pilih yang di rekomendasikan saja ( kolom paling atas ).


  • Kemudian copy script contact us tersebut dan paste kan pada laman beranda blog anda, caranya adalah pada menu dashboard blog anda pilih menu Laman kemudian pilih Laman Kosong seperti gambar di bawah ini :
 

  • Setelah terbuka halaman kosong, pilih mode HTML (jangan Compose) dan pastekan kode tadi di atas, dan publikasikan.
  • Setelah dipublikasi, Copy URL form kontak tadi pastekan kemenu yang anda inginkan, saya sarankan buat menu khusus untuk form ini, caranya lihat gambar dibawah ini :


  •  Sampai di sini contact us blog anda telah jadi. ini contoh form kontak blog saya yang sudah jadi : 
  • Sebagai contoh kalau ada salah satu pengunjung yang mengirim pesan lewat form kontak ini, maka akan diberitahukan ke email kita, seperti gambar dibawah ini :
Oh ya masih ada beberapa penyedia layanan contact us yang lain, diantaranya adalah : www.123contactform.com, www.foxyform.com, www.freecontactform.com, www.mycontactform.com, www.contactr.com. Kesemuannya ada kemiripan, jadi silahkan saja anda pilih sesuai dengan selera untuk membuat form contact us.
BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Unknown

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

4 komentar:

  1. mantap nie gan,
    mkseh y.
    visit me :
    http://duniaku-belajar(dot)blogspot(dot)com/

    ReplyDelete
  2. Sangat Membantu, bagi saya yang baru mengenal dunia komputer.

    Mampir Juga di Mari Master...http://anwarcss92.blogspot.com

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak