Wednesday, 17 April 2013

Negara Dengan Koneksi Internet Tercepat Di Dunia

Seiring dengan perkembangan teknologi, internet saat ini juga berkembang pesat. Di tahun 2013 ini, internet merupakan salah satu hal yang boleh dibilang sudah menjadi bahan pokok bagi mayoritas orang. Dengan menjadikan internet sebagai hal yang penting dan selalu dibutuhkan, banyak negara-negara di dunia yang terus mengembangkan koneksitas internet mereka agar pengguna di negara tersebut akan mendapatkan layanan yang maksimal. Dari sejumlah negara besar di dunia, ada 5 negara yang menurut data yang diperoleh Bloomberg (29/03) menjadi negara dengan koneksi internet paling cepat. Uniknya, negara-negara tersebut bukanlah berasal dari negara besar dan ternama di Eropa bahkan 3 di antaranya berasal dari Asia.

1. Hong Kong


Sejak berpisah dari China dan menjadi negara sendiri, Hong Kong dengan cepat berkembang pesat. Tidak hanya dari sisi perekonomian, dari segi teknologi pun, negara satu ini juga terus menampilkan hasil yang cukup bagus. 

Di Q1 2013 ini, Hong Kong tercatat sebagai negara dengan koneksitas internet tercepat di dunia. Hal tersebut dikarenakan pemerintah negara ini sangat memberikan dukungan maksimal akan kemajuan teknologi internetnya. 

Bahkan dalam catatan Bloomberg, kecepatan koneksitas internet Hong Kong dapat digunakan untuk mengunduh sebuah file dalam kapasitas sangat besar hanya dalam hitungan detik saja. Kecepatan koneksi internet di Hong Kong lebih dari 54 Mbps.

2. Korea Selatan


Negara yang sedang menghadapi serangan dari saudaranya, Korea Utara, ini menduduki urutan ke-2 sebagai negara dengan koneksitas internet tercepat di dunia. Kecepatan koneksi internet rata-rata di negara ini sebesar 49 Mbps. 

Menurut catatan Bloomberg, salah satu yang menjaikan koneksitas di negara ini cepat karena game online sangat populer. Tentu saja karena game online membutuhkan koneksitas yang stabil dan cenderung cepat, maka secara logika koneksitasnya juga harus di atas rata-rata. 

Bahkan tidak hanya cepat, harga untuk pemakaian layanan internet di Korea Selatan juga terhitung murah yaitu rata-rata US 30 per bulan.

3. Jepang


Apabila beberapa tahun lalu, koneksitas internet Jepang masih di atas Korea Selatan, untuk Q1 2013 ini, menurut pantauan Bloomberg, Jepang harus pasrah untuk menduduki peringkat ke-3 sebagai negara dengan koneksitas internet tercepat di dunia. 

Tentunya bukan suatu hal yang mengherankan lagi kenapa negara ini memiliki koneksitas internet tercepat ke-3 dunia, salah satu alasannya adalah negara Matahari Terbit ini merupakan gudangnya inovasi teknologi yang membutuhkan segala kecepatan akses data. 

Oleh karenanya, untuk mendukung perkembangan teknologi tersebut, pemerintah Jepang juga memberikan support agar koneksitas di negaranya dapat melebih rata-rata. Kecepatan koneksitas internet rata-rata i negara ini sebesar 42 Mbps.

4. Latvia


Apabila urutan 1-3 dikuasai oleh negara dari Asia, posisi ke-4 diduduki oleh Latvia. Negara satu ini memang bukanlah negara dengan luas wilayah yang besar. 

Namun, karena pemerintah Latvia mendukung penuh akan kemajuan dan perkembangan serta akses internet dengan kecepatan tinggi, maka di Q1 2013, negara satu ini berhasil dapatkan predikat negara ke-4 dengan koneksitas internet cepat di dunia. 

Bahkan kecepatan internet di negara ini berhasil ungguli Jerman yang notabene lebih kuat dan memilih luas wilayah lebih besar dari Latvia. Kecepatan koneksitas internet rata-rata di Latvia sebesar 37,5 Mbps.

5. Rumania


Kecepatan koneksitas internet di negara ini berselisih sedikit dengan apa yang dipunyai Latvia, yaitu sebesar 37,4 Mbps. 

Walaupun kecepatan internet negara ini menurun dibandingkan tahun 2012 lalu, namun Rumania berhasil dapatkan peringkat ke-5 sebagai negara dengan koneksitas internet tercepat dunia mengalahkan negara-negara Eropa besar lainnya.

sumber : merdeka.com


BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Dee Gazaa

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

2 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak