Wednesday 27 March 2013

Manfaat menarik napas dalam-dalam bagi kesehatan



Latihan menarik napas dalam-dalam dapat meningkatkan kesehatan Anda. Latihan sederhana ini menjadi hal wajib, terutama ketika Anda merasa sedih atau banyak pikiran. Saat Anda merasakan beban masalah hidup di bahu Anda, pernapasan dalam yang sederhana dapat memberikan bantuan. Jadi lain kali, ketika Anda merasa jengkel di tempat kerja, segara ambil napas dalam-dalam.Yuk simak keuntungan lain dari bernapas dalam-dalam seperti dilansir health meup (26/3).
  • Mengurangi stres
Latihan pernapasan dalam dapat mengurangi tingkat stres, mengurangi panik dan ketakutan serta membantu Anda berpikir jernih. Napas dalam merangsang sistem saraf parasimpatis yang memperlambat denyut jantung. Rupanya pernapasan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mendetoksifikasi tubuh
Napas dalam membersihkan darah, memompa darah ke seluruh bagian tubuh, dan membuang racun dari tubuh Anda.
  • Menguatkan otot paru-paru
Latihan pernapasan dalam memperkuat otot paru-paru dan meningkatkan pasokan oksigen ke tubuh Anda. Karena gaya hidup memicu kita untuk kurang menghirup oksigen, maka pernapasan dalam menjamin Anda mendapatkan oksigen yang cukup. Kekurangan oksigen juga berakibat kelelahan dan kurangnya konsentrasi.
  • Mengurangi rasa gugup
Rasa gugup dapat dialami siapa saja. Ketika gugup datang, seseorang bisa saja mengalami kesulitan berbicara. untuk mengatasinya diperlukan menarik napas dalam. Lakukan hal tersebut, dijamin Anda akan jauh lebih tenang. 

Kemudian, bagaimana melakukan latihan pernapasan sederhana yang mendalam? 
Duduk dan renggangkan kaki Anda lalu letakkan tangan Anda pada lutut. Hirup naas dari hidung sebanyak-banyaknya sampai perut mengembang kira-kira 30 detik. Kemudian buang napas melalui mulut secara perlahan. 

Nah, dengan mengambil napas dalam-dalam akan membantu membuat tubuh lebih sehat secara mendalam. Jadi luangkan waktu Anda untuk melakukan teknik pernapasan ini demi kebugaran tubuh dan pikiran.

Sumber : merdeka.com
BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Unknown

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak