Wednesday 29 January 2014

Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word

Assalamualaikum Syedara..!!

Untuk menghemat pemakaian kertas atau mengikuti prosedur kerja kita diharuskan untuk mencetak dokumen secara bolak-balik di kertas. Ada beberapa printer yang mendukung pencetakan bolak-balik, jadi kita tinggal print seperti biasa, selebihnya diatur oleh printer agar pencetakan bisa menjadi bolak-balik. Tetapi bila printer kita tidak mendukung untuk melakukan hal tersebut, kita masih bisa melakukannya secara manual, yakni mencetak halaman ganjil terlebih dahulu setelah itu baru mencetak halaman genap. Pada saat mencetak halaman pada bagian belakang anda harus ekstra hati-hati. Ada beberapa printer yang hasil cetaknya menempatkan kertas yang paling pertama dicetak diletakkan di bagian atas dari kertas hasil cetakan, sehingga bila dibalik akan ditempatkan pada bagian akhir/berada pada bagian bawah. Oleh karena itu anda harus mencetaknya dengan urutan pencetakan halaman berlawanan dengan arah pencetakan sebelumnya. Bila pencetakan yang pertama dimulai dari halaman awal/depan, maka pencetakan yang kedua harus dimulai dari halaman yang paling akhir dulu lalu berlanjut ke halaman yang paling depan. Untuk mencetak halaman dokumen Microsoft Word bolak-balik di kertas, anda dapat menggunakan langkah berikut.

  • Klik Office button, lalu Sorot item Print. Selanjutnya klik item Print. Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P.
  • Pilih Printer yang akan dipakai untuk mencetak.
  • Isikan halaman yang ingin anda cetak pada kotak Pages. Sebagai contoh misalkan kita ingin hanya mencetak halaman 1 hingga 99. Bila anda ingin mencetak seluruh dokumen, pilih saja opsi All.
  • Pada Kotak Print, isikan atau pilih item Odd Pages untuk mencetak halaman ganjil terlebih dahulu. Hal ini disesuaikan dengan halaman depannya yang dimulai denganhalaman 1.
  • Klik tombol OK untuk memulai mencetak halaman ganjil.
  • Setelah selesai mencetak semua halaman ganjil pada kertas, balikkan kertas lalu siapkan/masukkan kembali ke printer untuk mencetak halaman genap pada bagian belakangnya.
  • Buka kembali dialog print, tekan tombol CTRL+P.
  • Perhatikan susunan kertas hasil pencetakan sebelumnya. Lihat kembali apakah halaman 1 ada di bagian bawah tumpukan kertas atau pada bagian atas kertas (asumsi:tumpukan bagian atas adalah kertas yang akan dicetak lebih dulu).
  • Bila halaman 1 ada di tumpukan atas maka isikan kembali halaman yang ingin dicetak pada kotak Pages dengan nilai yang sama dengan yang anda isikan sebelumnya (misal:1-99), tapi bila halaman 1 ada di bagian bawah tumpukan maka isikan kotak Pages dengan kebalikan nilai sebelumnya (misal: 99-1).
  • Bila halaman dokumen paling terakhir yang anda cetak adalah ganjil (contoh : 99), maka keluarkan dulu halaman ganjil terakhir dari tumpukan kertas yang akan dicetak. Logikanya: pasangan halaman 1 adalah halaman 2, halaman 3 dengan 4, dan halaman 99 dengan 100. Tapi saat ini kita tidak mencetak halaman 100.
  • Pada kotak Print, sekarang pilih item even pages, untuk mencetak halaman genap saja.
  • Pastikan sekali lagi bahwa apa yang anda isikan sudah benar, lalu klik tombol OK.

Bila ingin menyesuaikan kualitas cetak / print atau mengatur konfigurasi printer, klik tombol properties yang ada di sebelah kanan nama printer.
Untuk membalik urutan pencetakan anda juga bisa menggunakan “reverse order“, untuk mencetak halaman dari halaman paling belakang terus ke halaman awal.

Sekian, semoga bermanfaat
BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Unknown

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak