Wednesday, 21 January 2015

Ciri - Ciri RAM Rusak atau Bermasalah

Assalamualaikum Sobat,,,

Laptop sobat lemot / lambat / lelet, mungkin saja itu memory RAM nya bermasalah. Karena salah satu komponen terpenting untuk memastikan kecepatan akses dan tingkat performa komputer dalam mengolah data. Semakin besar kapasitas RAM akan meringankan beban CPU dalam mengatur tempat untuk memproses data baik dari program kerja, video editing sampai bermain game. Kalau ada pilihan untuk mengupgrade hardware di komputer maka meningkatkan memori adalah yang paling terasa beda performanya dibandingkan komponen lainnya seperti CPU atau VGA.

Berikut ada beberapa ciri kerusakan RAM :

Muncul Blue Screen of Death

BSoD (Blue Screen of Death) merupakan ciri – ciri kalau ada masalah pada driver atau hardware di Windows. Kalau yang bermasalah ada RAM maka akan muncul pesan error yang berhubungan dengan memori, biasanya adalah “Memory Access Violation”, “Memory could not be read”, “Memory could not be written”, dan semacamnya.


Komputer mati mendadak saat sedang bekerja

Enak – enak bermain game atau menonton film tiba – tiba mati komputernya tanpa ada pesan kesalahan apapun yang muncul. Ya ini bisa menjadi pertanda bahwa RAM anda kepanasan dan untuk mencegah overheating motherboard anda mematikan seluruh arus listrik, atau ada kerusakan fisik pada bagian tertentu di modul RAM.

Muncul bunyi – bunyian bip tidak wajar saat menghidupkan komputer

Pada saat komputer pertama dihidupkan kalau tidak ada masalah tidak akan muncul suara “beep” atau hanya sekali saja keluar bunyinya, ini tergantung jenis pembuat BIOSnya. Proses ini dinamakan POST (Power-On Self Test) dan fungsinya untuk menguji kesehatan hardware. Kalau tiba – tiba saja muncul suara yang normalnya tidak ada maka anda harus mengecek apa arti kode bip yang muncul sesuai dengan mereknya, biasanya antara bunyi bip panjang dan pendek.

Memori yang tiba – tiba hilang

Pada saat menghidupkan laptop atau PC terasa lambat dan ternyata saat dicek jumlah RAM yang ada berkurang atau hilang. Kadang setelah direstart akan muncul kembali seutuhnya.


Tertahan pada proses awal booting

Masih berhubungan dengan BIOS, kalau RAM rusak biasanya akan muncul suara beep dan kalau seluruh RAM anda rusak malah tidak akan muncul tampilan apapun pada monitor. Paling parah kalau tempo suaranya seperti sirine, karena ini menandakan keping RAM tersebut sudah tidak bisa dipakai.

Solusi RAM rusak

Memastikan kerusakan RAM bisa dengan menguji integritas RAM anda dengan menggunakan memtest, atau secara manual melepaskan salah satu keping RAM dan dicoba dijalankan lagi untuk memastikan mana yang rusak.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama sehingga bisa dipakai sementara:
Kalau modul RAM anda lebih dari satu maka lepaskan salah satu saja.
Kalau cuma ada satu memori maka pindahkan ke slot lainnya.
Bersihkan pin RAM dengan penghapus karet, usahakan yang masih bersih.

Kalau cara darurat diatas tidak bisa memperbaiki atau mengatasinya sementara maka anda terpaksa membeli RAM yang baru.

Sumber : utekno.com
BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Dee Gazaa

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

1 komentar:

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak