Sunday, 28 September 2014

Efek Melepas Baterai Laptop saat Bermain Game

Assalamualaikum Sobat,
Saia mau kasih saran nie buat sobat penggila Game, pasti pernah kan saat main game melepas baterai laptop, ternyata itu sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup laptop, wkwkwkw kayak belajar biologi aja nieh,,wkwkkw..tapi sebelum melepaskan baterai laptop, sebaiknya pikir2 dulu deh !! kali aja sobat mau insaf main game :D wkwkwkw,, buruaan toobaaat,,, :D


Ini lohhh efeknya :
  • Gaming Pakai baterai sambil charger beresiko Baterai akan cepai aus/soak. 
  • Gaming gak pakai baterai sambil charger beresiko hardisknya/mother board rusak. 
Hayooo,,mau Pilih yang mana cobak ??? satu suara sangat menentukan ,,wkwkwk,,kayak pilkada ajaa ... :D


Mungkin saya bisa kasih sedikit solusi : 
  1. Misal kamu gaming dalam keadaan lagi mencharger sebaiknya sewaktu baterai penuh kamu hanya perlu melepaskan chargernya,dan ketika melemah kamu isi lagi baterainya, biar baterainya awet. 
  2. Gaming tidak pakai baterai dan langsung ke listrik namun memakai ups. Sehingga saat mati listrik msih bisa menyimpan data dan tidak merusak hardisk. 

Penjelasanya :
  • Dampak negatif menyalakan laptop tanpa baterai :
Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen di dalam laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).

Kalo listrik tiba2 mati dan laptop anda juga ikut mati mendadak, dan hal itu terjadi beberapa kali efeknya adalah hard disk, ram, processor bisa rusak. Sebelum mati listrikpun laptopmu sudah terancam,,, krn kalo listrik tempat kita colokin adapter ga sehat, maka listrik tsb bakal merusak hardware laptop secara langsung, jelas masih mending pasang batreii, krn paling buruk batrei yg ngedrop,,, ketimbang hardware lainnya yg mati.

Melepas baterai hanya untuk bila laptop tidak digunakan lebih dari 3 hari. Baterai juga bisa di lepas jika pemakaian lebih dari 12 jam nonstop, dengan socket listrik yang menempel. Kalo hanya untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya memakai baterai, buat menghindari kehilangan data dan kerusakan system apabila listrik mati tiba-tiba. Baterai yang terpasang juga melindungi hardware dan juga modul-modul hardware lainnya dari lonjakan listrik yang ekstrem, misalnya akibat ada petir yang menyambar.

Sekian,,semoga tipsnya bermanfaat :D
BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Dee Gazaa

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

10 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya min.. Ane Terbantu banget ^^

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas informasinya min sangat berguna..

    Sekedar info nih untuk admin kami mengadakan Kontes SEO 2016 Terima kasih

    ReplyDelete
  3. kata siapa gan , umur laptop ane udh 3 thn ane sering lepas pasang baterai laptop gaada masalahnya tuh hehe ,
    mungkin yg anda maksud merusak adalah ketika adaptor yang digunakan itu sudah mulai agak rusak sehingga aliran listrik yang dari charger laptop tidak stabil karena kerusakan tsb sehingga merusak bagian laptop CMIWW

    ReplyDelete
  4. Masa sihh bisa ngerusak baterai 😂

    ReplyDelete
  5. Masa sihh bisa ngerusak baterai 😂

    ReplyDelete
  6. info yang bagus min...anda telah membuka hati saya untuk tidak merusak masa depan laptop..wkwkwkwk...serius ini yang bagus thanks

    ReplyDelete
  7. Kalo gim nya aja yang di delet gimana gan. Solusi ngga?

    ReplyDelete
  8. Memang ga sedikit yang sering salah tanggap masalah ini. Kalau saya memilih baterai rusak. Karena tanpa baterai pun sebetulnya laptop bisa menyala. Sedangkan laptop tanpa motherboard tentu saja tidak akan menyala. Hehehhehee.. Mudah2an pada tobat orang yang mencoba melepas baterenya pas maen game. Sayangi laptop anda :)

    ReplyDelete
  9. Kalau baterayx udah rusak gak bisa nyimpan tegangan gimana gan? Apakah dicopot atau dipasang sja sambil dicharger gan ?

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak