Tuesday, 29 April 2014

Cara Sederhana Cek Kesehatan Harddisk Laptop

Assalamualaikum sobat...

Penasaran gak kesehatan harddisk laptop sobat masih sehat wal'afiat atau memang lagi demam (hehehe :D), mungkin sobat bisa cek dengan cara sangat sederhana.



Perawatan harddisk banyak caranya diantaranya hindarkan dari benturan, jaga suhu harddisk jangan sampai terlalu panas, sirkulasi udara perlu diperhatikan, tegangan listrik juga sebisa mungkin stabil, gunakan stavolt atau UPS, dan masih banyak lagi teknik perawatan harddisk. Perawatan harddisk yang benar akan menambah usia harddisk itu sendiri.

Oleh karena itu anda perlu mengetahui kondisi kesehatan harddisk komputer maupun laptop anda. Salah satu cara untuk mengetahui kondisi kesehatan harddisk dapat dilakukan dengan menggunakan perintah di command Prompt atau cmd. Cara mengetahui kondisi harddisk menggunakan cmd atau command prompt dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka run dengan tombol window+R pada keyboard kemudian ketikkan cmd dan tekan enter
  • Setelah jendela command prompt terbuka, ketikkan perintah wmic kemudian tekan enter
  • Masukkan perintah diskdrive get status kemudian tekan enter.
  • Maka akan muncul status kondisi harddisk. 
Jika kondisi harddisk baik akan muncul pesan OK


Gmna, mudah bukan ? :D
smga bermanfaat ya sob...!! :D

BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Dee Gazaa

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

2 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum ka.. info dari cara ini kira2 akurat ngga ya? soalnya saya cek status hddnya OK, tapi laptop saya mengalami bberapa trouble yang ciri2nya mirip sama masalah kerusakan hdd. thankS B4 Ka..

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak