Wednesday, 19 March 2014

Cara Mempercepat Google Chrome Dengan Menambah Kapasitas Penyimpanan Cache


Assalamualaikum Sobat Blogger, Senang sekali rasanya bisa berbagi lagi :D, kali ini saia akan memberikan sedikit trik sederhana yaitu menambah kapasitas memory penyimpanan pada browser google chrome atau disebut juga Cache. yang sangat berguna untuk menyimpan semua browsing yang sudah pernah kita buka sebelumnya Sehingga Browsing menjadi lebih cepat.

Cache adalah tempat untuk menyimpan data sementara dari aktifitas-aktifitas ketika browsing di internet, misalnya ketika kita membuka halaman website dari url www.google.com, maka browser akan menyimpan halaman tersebut untuk sementara di dalam cache komputer. Dan ketika anda kembali membuka alamat itu browser akan memberikan data yang ada pada cahe tersebut.

Cache tersebut bukan halaman penuh pada konten website, tetapi seperti gambar, flash, dan konten-konten yang ada pada website. Nah pada Google Chrome semua aktivitas browsing yang pernah kita kunjungi biasanya tersimpan dalam cache komputer, tetapi cache yang disediakan juga terbatas, sehingga membuat gambar, konten, dan data-data tidak semua tersimpan di dalam cache.

Apabila anda mempunyai kapasitas harddisk yang besar, coba anda tambah ukuran cache pada Google Chrome, karena cache yang lebih besar membuat lebih banyak data yang dapat diambil dengan lebih cepat, browsing lebih cepat :-D, namun lebih banyak ruang harddisk yang digunakan.

Secara default letak cache Google Chrome terletak di C:\Users\Administrator\AppData\Local\Google\Chrome\Application\chrome.exe, apabila anda ingin membuat ruang cache baru dan menentukan kapasitas cache pada partisi harddisk anda, berikut caranya :
  • Klik kanan pada shortcut Google Chrome anda, pilih Properties dan lihat pada Target pada tabShorcut, di situ adalah lokasi aplikasi Google Chrome anda.


  • Di kolom target (yang diblok merah pada gambar diatas), kamu tambahkan kode dibawah ini tepat di depan'a.
--disk-cache-dir="D:\Cache-Google-Chrome" --disk-cache size=104857600
Sehingga akan jadi seperti ini : 
C:\Users\Administrator\AppData\Local\Google\Chrome\Application\chrome.exe --disk-cache-dir="D:\Cache-Google-Chrome" --disk-cache-size=104857600 
Note :  Buat satu Folder di Drive D / E dan beri nama terserah anda, disini saya menggunakan Drive D dengan nama folder (Cache-Google-Chrome) : D:\Cache-Google-Chrome
Maksud dari disk-cache-dir adalah menentukan direktori atau folder terbaru untuk menyimpan cache kamu, dan maksud dari disk-cache-size adalah ukuran cache yang bisa disimpan tetapi dalam satuan byte jadi jika kamu ingin membuat kapasitas cachenya 1 GB maka kamu konversi dahulu ke byte, 1 GB = 104857600 byte. Di sini semakin besar kapasitas cache maka semakin banyak konten dari website yang tersimpan, jadi apabila anda membukanya kembali, prosesnya akan lebih cepat.
  • Kemudian restart Google Chrome anda dan buka kembali, lalu cobalah anda browsing kembali dan rasakan bedanya.
Semoga Bermanfaat,,jika ada kendala silahkan komentar dibawah :D

BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Dee Gazaa

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

15 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    ReplyDelete
  2. ga bisa gan,,target box not valid

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan dengan teliti sesuai petunjuk,,,insya Allah pasti bisa,,
      sya sudah melakukan dibeberapa laptop selalu berhasil..

      Delete
  3. udah seteliti mungkin tetep target box not valid, ada saran?
    kalo beda os harus beda cara ato kaga? gua sih make win8 tapi gua rasa sih ga ngaruh, cuman pas nge ubah directory di shortcut tetep gabisa, tetep kena target box not valid

    ReplyDelete
  4. Ini ni yang di cari2...Nice inpoh kakak

    ReplyDelete
  5. Tetep gak bisa nyimpen gan, apanya yang salah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. trik ini udah lama kali saya pake,,skrang saya tidak pernah mencobanya lagi,,,mgkin sudah tidak support lagi dengan google crhome yang terbaru skrang..

      Delete
  6. Masih Bisa Kok, nah chace ku sudah ampe 4 giga

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih infonya gan,,,yg laen blm mencoba udah pada ngeluh gak bsa..

      Delete
  7. emang nya versi berapa punya kk, tolong di ajarin dong kk

    ReplyDelete
  8. Min kalo cache sama history apa bedanya?

    ReplyDelete
  9. ah tai gak bisa iki

    ReplyDelete
  10. info ,di laptop saya berhasil trik ini dan terima kasih ya

    salam kenal aja

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak