Sunday, 9 February 2014

Cara install Sony Vaio dengan Partisi GPT disk ke dalam partisi MBR disk

Assalamualaikum Syedara !!



Saya baru saja di pusingkan saat menginstal laptop sony vaio E Series dengan OS Wind 8 yang akan di install dengan OS Wind 7. saya coba instal selalu gagal Muncul pesan seperti digambar dibawah ini. "Windows cannot be installed to this disk the selected disk is of the GPT Partition Style"


Memang Sony Vaio yang seri ini sudah cukup mumpuni, dengan teknologi Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) yang menggantikan platform firmware Basic Input/Output System (BIOS). UEFI adalah firmware jenis baru yang awalnya dirancang oleh Intel (dikenal sebagai EFI) terutama untuk sistem berbasis Itanium.

UEFI memperkenalkan cara-cara baru booting OS yang berbeda dari yang biasa digunakan yaitu "MBR boot mode" untuk sistem BIOS sedangkan untuk UEFI memakai partisi model GUID Partition Table (GPT).

Meski awalnya dimulai oleh Intel EFI dalam versi 1.x dan kemudian sekelompok perusahaan yang disebut Forum UEFI mengambil alih perkembangannya yang kemudian muncul UEFI dimulai dengan versi 2.0. pada 23 Mei 2012, kemudian yang terbaru adalah UEFI Spesifikasi 2.3.1. 

Selain UEFI, laptop tipe ini juga sudah memakai teknologi Solid State Drive (SSD), sebuah perangkat penyimpanan data menggunakan rakitan sirkuit terpadu sebagai memori untuk menyimpan data terus-menerus data. Teknologi SSD menggunakan hardware elektronik yang kompatibel dengan input / output (I / O) hard disk drive biasa yang sudah ada saat ini.

Perbedaan mencolok dengan hardisk yang saat ini berdear adalah ada pada hardware penyimpanannya. Kalau hardisk Sata/Ata yang sekarang, masih mengandalkan optical disk elektromekanis hard disk drive (HDD)sedangkan SSD sudah memakai komponen mekanis yang berbentuk chip modul seperti yang ada pada memori DDR sekarang.

Kembali ke permasalahan yang tadi, setelah browsing kesana kemari tanya mbah google, akhirnya dapat juga cara untuk instal hardisk SSD yang memakai model partisi GPT ke partisi yang masih memakai model MBR.
setelah hardisk nya selesai dan sukses di convert baru bisa di instal ulang dengan wind 7.
Intinya kita harus terlebih dahulu mengkonvert hdd partisi gpt ke hdd partisi mbr.

selamat menciba...semoga berhasil

BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Dee Gazaa

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

6 komentar:

  1. cara konvert nya gmana gan? saya beli laptop acer E 11 windows gak bisa diinstall karena HDD type GPT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diatas ada caranya gan,,,klik aja link'a

      Delete
  2. Makasih gan infonya...

    ReplyDelete
  3. gan kalau kalau pada saat mau di next di partisi c muncul pesan " WINDOWS CANNOT BE INSTALLED TO THIS DISK. THIS COMPUTER'S HARDWARE MAY NOT SUPPORT BOOTING TO THIS DISK. ENSURE THAT THE DISK'S CONTROLLER IS ENABLED IN THE COMPUTER'S BIOS MENU" mohon bantuannya gan. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kurang tau juga gan,,tpi klo agan delete semua partisi,,,dan bikin ulang partisi baru,,dijamin semua masalah akan selesai,,

      Delete

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak