Sunday, 14 April 2013

Cara Mudah Membuat DVD Video / Movie Untuk DVD Player

Ketika kita mempunyai koleksi video cukup banyak, dan kita ingin menyimpannya dalam DVD agar bisa dijalankan di TV dengan DVD Player, kadang kita bertanya-tanya bagaimana caranya. Jika langsung simpan di DVD begitu saja maka tidak akan bisa di jalankan di DVD Player.
Sebelumnya hal ini mungkin terasa menyusahkan, tetapi saat ini ada program free dan open source yang bisa digunakan dengan mudah.
Dengan DVD Flick, sebuah program gratis dan open source, kita bisa menyimpan berbagai format video yang kita miliki ke dalam sebuah keping DVD dan kompatibel untuk dijalankan di TV dengan Video player.

Format video yang didukung sangat banyak, yaitu : AVI, AVS, DivX, FLV, HDMOV, MPG, MPEG, MPV, M2V, TS, MP4, M4V, MKV, MJPG, NUT, 3GP, 3G2, NSV, QT, MOV, RM, SMK, OGM, WMV dan ASF. Hasil keluaran bisa disesuaikan sesuai dengan Ukuran DVD yang umum 4.3 GB atau juga berbagai format/ukuran lainnya. Hasil keluaran bisa dipilih untuk langsung di burning (simpan) ke DVD atau dalam bentuk file ISO yang bisa di burning lain waktu. Atau dihasilkan file-file DVD langsung di hardisk.

Berikut langkah-langkah untuk membuat DVD Video dengan DVD Flick :

1. Download dan Install DVD Flick disino Beh
 
Download DVD Flick ( sekitar 12 MB) dan install di komputer.

 
 
2. Konfigurasi Setting

Setelah di install, jalankan DVD Flick, kemudian langkah pertama adalah Konfigurasi Setting. Klik Menu Project Setting. Di Menu General bagian Title, isikan judul Video (project) yang diinginkan yang nantinya akan tampil sebagai judul DVD. Pilih Target size yang diinginkan, standardnya 4.3 GB ( sesuai kapasitas DVD). Encoder Priority pilih Below Normal atau Normal. Penjelasannya bisa dilihat dengan klik icon kuning dengan tanda tanya disampingnya.

 

Selanjutnya di bagian Video, untuk wilayah kita (Eropa, Asia , Afrika) pilih PAL. Setting video lainnya dibiarkan saja seperti itu, kecuali ingin mencoba-coba sendiri. Kemudian, di Bagian Burning, kita bisa memilih Create ISO Image, untuk menghasilkan keluaran dalam format *.ISO yang nantinya bisa kita burning ke DVD, jika kita ingin langsung menyimpan hasilnya ke DVD ( harus ada DVD-RW dan DVD kosong) bisa dipilih Burn Project to disc. Jika tidak dipilih dua-duanya, akan file-file DVD akan disimpan di hardisk.
Setelah selesai mengatur Project Setting, klik Accept.

3. Memasukkan Video

Selanjutnya kita bisa manambahkan video-video yang ingin kita masukkan dalam DVD. Kapasitasnya ditunjukkan dalam tampilan progress kuning di sebelah kiri ( dalam persen). Kita bisa menambahkan berbagai format video yang didukung dengan klik tombol +Add title… Kita bisa mengedit pengaturan masing-masing video dengan klik Edit title atau double klik tiap-tiap video.

 
 
4. Menyimpan den Membuat DVD

Setelah semua video dimasukkan jangan lupa untuk menyimpan Project, klik Save Project. Kemudian jika kita memilih keluaran dalam bentuk ISO atau disimpan ke hardisk, pilih lokasinya yang bisa diatur di bagian bawah Project destination folder. Pastikan space masih cukup untuk menyimpan filenya. Setelah semua diatur, klik Create DVD untuk memulai proses pembuatan DVD file.

 
 
Proses ini biasanya akan memerlukan waktu cukup lama, sesuai dengan durasi total video dan CPU (Processor) komputer yang digunakan.

Semoga bermanfaat
saya sudah pernah coba dan berhasil....
 
 
BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Dee Gazaa

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

27 komentar:

  1. saya masih belum ahli dalam editing video pak, walaupun sedikit2 saya bisa itu pun juga masih sangat sederhana,terimakasih buat nambah pelajaran dan pengetahuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke pak boz,,silahkan dicoba aja,,smga berhasil

      Delete
  2. pengen bisa bikin tapi kayaknya rumit banget ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih,,dulu saia smpet kepikiran gtu,
      cari waktu luang dan ikuti aja cara diatas..
      krena agak lama proses'a...mnrut saia gak da mnfaat'a , sekedar tau aja,,hehehe,,bner kagak ???

      Delete
    2. kalau mau belajar, sms aja ke 082361887471, di banda aceh

      Delete
  3. apa ada pengaturan tampilan playlist nya tidak ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, nti bisa pake gambar tampilan sesuka hati

      Delete
  4. pak itu sudah bisa di putar di DVD player?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas bisa, asalkan sesuai cara diatas

      Delete
  5. cara buat misahin videonya gimana ya pak?saya sudah coba pake dvd flick buat masukin 4 video tapi kok file videonya kok malah campur jadi 1 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadoh, gmna ya,,al'a saya dah lupa jg,dlu udah pernah nyoba dan berhasil sperti kita beli dvd film yang isinya smpe 6/8...tp kualitas'a udah gak bagus lagi,,krena udah di compreesss

      Delete
  6. itu bisa masukkan subtitle nya sekalian tidak pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, biasa sebelum saya buat ke DVD, udah dluan saya gabungin sub + movie'a...klo langsung pake cara diatas,,saya jg kurang tau,tp spertinya bsa

      Delete
  7. sudah coba burn DVD,tapi masih belum bisa bagaimana cara membuat covernya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh,,lupa saya gunn,,,coba cari tutor laen yang lengkap,,selamat berkreasi,,hehhee

      Delete
  8. selain file avi-nya,file subtitle yang ada dalam folder yang sama apa dipilih/di select juga?

    ReplyDelete
  9. ini support format video apa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dvd'a jg...klo support sma DVD'a,,ya bisa..klo kgak ya beli dvd yang lbih canggih lagi,,heheh,,kmren saya pake format MKV,,

      Delete
  10. sudah saya instal tapi kok gak bisa dibuka ya aplikasinya, peringatannya "An error occured during startup. Number 48 from dvd flick. File not found dvdflick. Last DLL error: 0" cara mengatasinya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari aja link download laen...mgkin link ini sudah gak bisa lagi..

      Delete
  11. Sy uda selesai download nya...tp gimana cara pindahin ke dvd nya pak tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara pindahin film'a ke DVD, ya ikuti cara diatas...

      Delete
  12. gan bisa buat di windows 8 dvd fliknya ?

    ReplyDelete
  13. Terimakasih infonya, membantu sekali...

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak