Monday, 11 February 2013

Cara Ampuh Memperbaiki FlashDisk write protected, Rusak, Tidak Bisa di Format

Cara Ampuh Memperbaiki FlashDisk write protected, Rusak, Tidak Bisa di Format "WORK" - Terinspirasi dari FlashDisk saya yang rusak, hampir semua aplikasi repair Flashdisk sudah saya coba, tapi tidak satupun berbuah hasil, semua situs yang menjanjikan pun pernah saya kunjungi, tetap saya tidak berbuah manis, yang ada stres dikepala saya semakin memuncak,


masalah yang saya alami ialah ketika flashdisk yang tidak bisa di format, dan adanya tulisan write protected setiap kali mencoba untuk memformat, segala cara saya lakukan, baik mendownload aplikasi repair "blalablele," hingga mencoba berkutat di registry,

Nah, biar ga muter-muter, langsung saja ini caranya :
Kita cari VID dan PID, alias ID Vendor dan ID Product flash disk kita dengan cara melihatnya lewat software usb viewer. Bisa didownload disini.
Setelah Mendownload software usb viewer, silakan masukkan FlashDisk anda, 
setelah menjalankan aplikasi USB viewer, disini kita bisa melihat VID dan PID pada device connected , akan muncul beberapa Port, dan silakan menuju port yang mengidentitaskan flashdisk anda, misalnya USB Mass storage device disana kita akan menemukan VID maupun PID Flashdisk anda, rinciannya VID = ID Vendor | PID = ID Product 


Lihat penjelasan ID Vendornya disini.
Lalu kunjungi website http://flashboot.ru/iflash.html
Isi data VID dan PID flash kita di kotak pencarian bertuliskan VID dan PID. yang perlu anda copy pada VID ataupun PID pada flashdisk anda hanya 4 karakter dari belakang, seperti contoh diatas VID = 0x0951, yang anda copy hanya 0951 begitu juga denga PIDnya, setelah itu tinggal di PASTE di kotak pencarian VID maupun PID
Klik tombol di sampingnya ( yang bertuliskan "HANTN")
Maka akan muncul daftar nama flash disk dan detailnya, cari yang sesuai dengan flash disk anda.
Setelah itu, copy paste tulisan yang berada di kolom paling kanan, di baris yang sesuai dengan flash disk anda.
Pastekan pada kotak search google di kanan atas website itu. usahakan anda mendapatkannya melalui Ultranet (contoh : SSS6690 USB Flash Sorting Ver V5.014 (UltraNet))
Maka akan muncul software yang harus anda download
Cara downloadnya klik tombol bawah artikel tersebut yang bertuliskan "CKaYaTb"
Anda dibawa untuk memasukkan kode verifikasi
Isi dan tekan tombol, lalu software akan didownload
Buka software, lalu flash disk anda akan langsung terdeteksi
Klik start
Nah, tunggu beberapa saat sampai flash disk anda normal kembali.


Selamat mencoba. ini berhasil terhadap flashdisk saya sebagai admin blog ini, "Pengalaman Pribadi" jika flashdisk anda sudah kembali sehat dan segar bugar, usahakan merawatnya dengan baik, memang harga flashdisk dipasaran cukup terjangkau, setidaknya ini memberi kesempatan untuk anda beramal. 



Cara Ke 2 CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK YANG RUSAK


Rusak dalam hal ini adalah tidak bisa diformat, write protected, propertiesnya zero, dan sebagainya, namun flashdisk tersebut masih bisa terdeteksi komputer. Cara yang dilakukan adalah dengan cara memprogram ulang / reflashing chip controller flashdisk. Ada beberapa tahapan dalam memprogram ulang flashdisk, berikut langkah-langkahnya :


LANGKAH PERTAMA 

Mencari tahu identitas VID dan PID flashdisk VID merupakan informasi tentang vendor pembuat flashdisk, sedangkan PID adalah informasi tentang chip controller yang digunakan flashdisk tersebut. Value PID ini yang akan menentukan software / tool yang tepat untuk digunakan di flashdisk kita. Untuk mengetahui VID/PID flashdisk kita bisa menggunakan software ChipGenius. Setelah anda mendownload software tersebut, masukan flasdisk ke tempat sampah ya ke port USB komputer pastinya. Setelah itu buka ChipGeniusnya. Maka akan tmapil seperti:

Download ChipGenius Disini



dari screenshot diatas diketahui Chip Vendor: Solid State System Chip Part-Number: SSS6690/SK6211


Cara kedua bisa langsung membuka casing flashdisk dan cari kode-kode yang mirip dengan atas seperti SSS6690 atau bisa juga yg lainnya


LANGKAH KEDUA

Mencari tool untuk flashdisk berdasarkan VID PID Setelah kalian mengetahui VID/PID flashdisknya, kemudian kunjungi http://www.flashboot.ru/index.php?name=Files . Disarankan sambil membuka google translate, kecuali jika kalian mengerti bahasa Rusia . Setelah itu cari di situs tersebut Chip Vendor & Chip Part-Number yang sesuai dengan flashdisk kalian. Misal, pada contoh :

Chip Vendor : Solid State System

Chip Part-Number: SSS6690/SK6211






Yang dilingkari merah itu tombol download. Setelah software khususnya sudah ketemu, kemudian download.


LANGKAH KETIGA

Memprogram ulang flashdisk Langkah ketiga adalah memprogram ulang flashdisk. Untuk tampilan dan cara kerja software chip controller berbeda satu dengan yang lain, berikut hanya contoh untuk model SSS6690 saja, terkadang untuk menggunakan software ini kita harus menginstall dulu driver pabrikannya (disertakan dalam software) yang perlu diperhatikan pertama adalah memastikan bahwa flahdisk terdeteksi oleh software.


Setelah itu masuk ke setup dan gunakan / pilih setingan defaultnya (kalau tidak terdapat pilihan default, dan kalian tidak tahu cara setting bagian ini, sangat disarankan untuk stop dulu, jangan lanjutkan karena bisa berdampak buruk pada flashdisk).


Setelah memilih setingan default klik ok dan klik start / format, dan tunggu sampai proses flashing selesai. Selamat mencoba, Semoga berhasil


Jika solusi ini dapat menembalikan fungsi FlashDisk anda, seharusnya berhasil, karena sudah puluhan FlashDisk sudah dapat saya kembalikan seperti sediakala, jadi jangan ragu untuk memberikan komentar apabila terjadi permasalahan, saya akan coba membantu.

BAGIKAN ARTIKEL : Facebook Twitter Google+ Linkedin

Dee Gazaa

Perhatian : Semua artikel blog ini sudah diprotect, Bagi yang ingin copy-paste artikel ini, mohon lampirkan sumber linknya. Terima Kasih!

5 komentar:

  1. thank you very much (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas broe... :D trima kasih juga sudah berkunjung :D

      Delete
  2. gan.. saya lagi nyoba cara pertama nih klo work saya share deh blognya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan,,silahkann,,,klo chipnya yang rusak,,tentu flasnya gak bisa lagi...

      Delete

 

Copyright @ 2015 INFORMASI DAN TEKNOLOGI.

Designed by Deddy De Gazaa | Boh Jak